Manfaat Tahu Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tahu untuk Kesehatan Tubuh

Kebanyakan orang pasti sudah pernah memakan yang namanya tahu. Karena tahu sangat mudah didapatkan di berbagai tempat khususnya di Indonesia.

Tahu merupakan makanan yang paling banyak digemari khususnya masyarakat Indonesia. Tahu terbuat dari olahan biji kacang kedelai yang dihaluskan hingga menjadi jus kemudian diperas. Ekstrak kedelai kemudian dipadatkan atau dicetak sesuai ukuran tertentu.

Tahu adalah sumber dari berbagai mineral, seperti kalsium, besi, fosfor, seng, magnesium, kalium. Untuk kandungan vitamin pada tahu yakni vitamin D, A, E, B6, C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

Tahu adalah makanan yang rendah kalori namun mengandung protein yang tinggi. Tahu dapat mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh karena kandungan isoflavonnya.

Kandungan zat besi di dalam tahu juga membantu tubuh dalam pembuatan hemoglobin. Lalu bagaimana dengan manfaat tahu untuk kesehatan tubuh?

Manfaat Tahu Baik untuk Kesehatan Tubuh

1. Rendah Kalori (Pendamping Diet)

Tahu merupakan makanan yang banyak digemari karena rendah kalori. Tak hanya itu, di dalam tahu banyak mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh seperti Vitamin K, Vitamin B6, thiamin, riboflavin, folate, asam pantothenic dan niacin.

Kombinasi dari berbagai macam nutrisi tersebut dapat mencegah meningkatnya berat badan. Tentu makanan yang sangat tepat bagi anda yang ingin membentuk otot tubuh serta menjadi teman diet.

2. Mencegah Anemia

Sebuah studi yang dilakukan di Cina yang menyelidiki hubungan antara anemia dan tahu menunjukkan, bahwa mengkonsumsi tahu terbukti menurunkan risiko anemia bagi yang sering mengkonsumsinya khususnya pada golongan orang dewasa.

3. Mengobati Osteoporosis

Biasanya penyakit ini banyak menyerang lansia. Sangat dianjurkan untuk anda yang sudah lansia rutin emngkonsumsi tahu. Kesehatan tulang yang mulai tidak terkendali karena semakin rapuh perlu dijaga dengan konsumsi tahu.

Tahu mampu meminimalisir gangguan yang diakibatkan penyakit osteoporosis. Kandungan gizi kalisum pada kedelai itulah yang bermanfaat dalam penyembuhan.

4. Mengobati Asam Urat (Sumber Protein)

Studi yang dilakukan untuk mempelajari pengaruh tahu menunjukkan bahwa, tahu dapat menjadi sumber protein yang baik, terutama untuk penderita asam urat atau rematik gout. Namun, bagi orang-orang dengan rematik gout tidak boleh mengkonsumsi tahu secara berlebihan.

5. Memperlambat Proses Penuaan

Tahu juga dapat mengurangi proses penuaan, dimana tahu berperan untuk mempertahankan elastisitas kulit dan otot-otot wajah yang mengalami penuaan.

Mengkonsumsi tahu setiap hari dapat mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit setelah 2 bulan atau waktu tertentu. Membuat masker dari tahu juga dapat membantu memelihara kesehatan kulit anda.

Dengan kata lain, rutin mengonsumsi tahu juga bagus untuk kecantikan.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tahu menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, karena mengandung zat besi dan tembaga. Kandungan nutrisi tersebut mampu mencegah gejala anemia dan menjaga organ tubuh tetap bekerja secara normal dan lancar karena oksigenasi yang tepat.

7. Mencegah Rambut Rontok (Botak)

Dengan mengkonsumsi tahu setiap hari, rambut akan mendapatkan protein yang cukup untuk memproduksi lebih banyak rambut sekaligus menjaganya agar tetap sehat. Rambut yang dimiliki manusia terbuat dari protein yang disebut dengan keratin.

Bagi anda yang mengalami masalah rambut rontok, rutinlah untuk mengkonsumsi tahu.

8. Anti Kanker

Tahu memiliki sifat sebagai anti kanker. Di dalam tahu mengandung isoflavon yang mampu mengurangi akan resiko terkena kanker.

Studi yang membahas tentang asupan kedelai dan kanker endometrium menunjukan, bahwa mengkonsumsi produk dari bahan kedelai seperti tahu dapat mengurangi risiko kanker endometrium pada wanita pasca menopause.

Selain itu, perempuan pasca-menopause yang menderita kanker paru-paru, dapat hidup lebih lama dengan memasukkan tahu kedalam program dietnya.

9. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Sudah lama tahu diketahui dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Tahu mampu mengurangi kadar lipoprotein atau kolesterol jahat di dalam tubuh yang tentunya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan rutin mengkonsumsi 50 gram protein kedelai setiap hari dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung hingga 10%.

10. Menambah Energi

Seringkali tubuh kita mudah merasa lelah dikarenakan asupan energi yang kurang. Dengan mengkonsumsi tahu yang cukup maka, asupan energi dalam tubuh akan tercukupi.

Sangat dianjurkan sebelum mulai melakukan aktifitas untuk mengkonsumsi tahu agar memperoleh manfaatnya.

Begitu banyak tahu yang dijual di pasaran mengandung zat-zat berbahaya seperti formalin dan borak, bagaimana untuk menghindarinya?

Berikut tips dalam memilih tahu yang bebas formalin dan borak :
  1. Pastikan tahu memiliki sedikit lendir
  2. Pastikan tekstur tahu jika disentuh tidak keras.
  3. Pastikan aromanya masih segar (Tidak berbau yang tidak sedap)
  4. Pastikan tahu yang dibeli tidak basi jika di biarkan sampai sore. (Tidak dimasukkan dalam Almari es)
  5. Selamat menikmati tahu dan selamat memperoleh manfaatnya.

Nah, itulah beberapa Manfaat Tahu untuk Kesehatan Tubuh yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsinya. Selmoga bermanfaat!
Lebih baru Lebih lama