BLT UMKM 1,2 Juta Tahun 2021

Begini Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Bisa Langsung Cair!

Pemerintah memberikan bansos untuk pelaku UMKM sebesar RP 1,2 juta yang merupakan bantuan sosial dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bagi pegiat dan pelaku UMKM pada masa pandemi seperti saat ini. Bantuan ini merupakan perhatian pemerintahan Joko Widodo dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau BLT UMKM 2021 sebesar Rp 1,2 juta ini, kembali disalurkan pemerintah pada bulan Maret 2021 , untuk itu segera daftarkan diri Anda di oss.go.id

Rencananya, BLT UMKM 2021 senilai Rp1,2 juta yang cair pada Maret 2021 akan disalurkan kepada 14 juta pelaku UMKM yang telah terdaftar. Sementara itu, untuk syarat mendapat BLT UMKM ini yaitu sudah memiliki Perizinan Berusaha Perseorangan (Skala Mikro dan Kecil).

Baca Juga:  Ini Persyaratan Terbaru Untuk Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) 2021

Untuk bisa mendapatkan BLT UMKM 2021 Rp1,2 juta yang cair pada Maret 2021, bisa segera mendaftar secara online dan gratis melalui oss.go.id

Cara pendaftaran UMKM secara online untuk mendapat BLT UMKM Maret 2021

Langkah-langkah Registrasi Akun OSS

  1. Buka link OSS v1.1 melalui oss.go.id
  2. Klik tombol Daftar/Masuk – Pilih Daftar
  3. Lengkapi formulir registrasi – isi captcha – klik tombil Submit
  4. Buka email yang didaftarkan untuk aktivasi akun – klik tombol aktivasi
  5. Buka kembali kotak masuk email untuk mendapatkan username dan password yang dikirimkan oleh pihak OSS
Baca Juga:  Begini Syarat Dan Cara Mencairkan Bansos BLT Anak Sekolah Rp3,4 Juta

Baca Juga:  Begini Cara Praktis Daftar Online BLT UMKM Tahun 2021 Sebesar Rp 2,4 Juta

Proses NIB dan Izin Usaha

  1. Pada formulir Data Profil, lengkapi data/informasi yang masih kosong. Kemudian klik tombol Simpan dan Lanjutkan.
  2. Pada formulir Data Usaha, klik tombol Tambah Usaha – lengkapi formulir data usaha tersebut – klik tombol Simpan. Kemudian klik tombol Selanjutnya. (Jika memiliki lebih dari satu usaha, sebelum meng-klik tombol Selanjutnya, silahkan tambahkan usaha lain tersebut dengan kembali meng-klik tombol Tambah Usaha, jika sudah selesai klik tombol Selanjutnya).
  3. Pada formulir Komitmen Prasarana Usaha, khusus untuk skala kecil Anda dapat mengajukan permohonan Izin Lokasi dan Izin Lingkungan (bila dipersyaratkan) – klik tombol Selanjutnya.
  4. Pada tampilan Draft NIB dan Izin Usaha, dapat dilihat rangkuman data NIB dan Izin Usaha yang telah diisi dan bisa melakukan preview draft NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan dan Izin Usaha – centang pada kotak disclaimer – klik tombol Proses NIB.
  5. Pada tampilan Output NIB dan Izin Usaha, dapat dilihat cetakan NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan, dan Izin Usaha. Anda juga bisa mencetak Izin Usaha dalam format QR yang berisi data secara rinci melalui tombol Preview Izin Usaha QR.
Baca Juga:  Begini Cara Mendapatkan Subsidi Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Proses Uzin Komersial atau Operasional

  1. Bila Anda membutuhkan Izin Komersial/Operasional, pilih menu PermohonanIUMKIzin Komersial/Operasional.
  2. Klik bagian nomor NIB/Nama Kegiatan Usaha Anda – klik tombol Pilih NIB. Kemudian akan muncul daftar kegiatan usaha Anda – klik tombol Pilih Kegiatan Usaha.
  3. Pada tampilan formulir Izin Komersial/Operasional, Anda dapat memilih Izin Komersial/Operasional yang Anda perlukan sesuai dengan kegiatan usaha, dan lengkapi data lain yang diperlukan. Kemudaian klik tombol Lanjut dan Simpan.
  4. Pada tampilan Draft Izin Komersial/Operasional, klik tombol Preview Izin untuk melihat tampilan draft Izin Komersial/Operasional yang telah Anda pilih. Klik tombol Lanjut dan Simpan.
  5. Pada tampilan Output Izin Komersial/Operasional, klik tombol Preview Izin Komersial/Operasional yang telah diterbitkan oleh pihak OSS.
Baca Juga:  Link Daftar Online Calon Penerima Bantuan Subsidi Upah dari BPJS Ketenagakerjaan!

Persyaratan Lainnya yang Harus Dipenuhi

  1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP
  2. Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Memiliki usaha mikro
  4. Bukan berprofesi sebagai PNS, TNI, Polri, pegawai BUMN atau BUMD
  5. Tidak sedang menerima dan melakukan kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)

Nah, itulah Cara pendaftaran UMKM secara online untuk mendapat BLT UMKM Maret 2021. Segera daftarkan diri Anda sekarang juga!

Check Also

Bansos Anak Sekolah

Tahun 2021, Anak Sekolah Dapat BLT Rp3,4 Juta! Ini Syaratnya…

Memasuki tahun 2021, pemerintah secara resmi kembali meluncurkan program dana bantuan sosial atau bansos untuk …