3 Kali Gagal Lolos Kartu Prakerja

Tiga Kali Gagal Lolos Kartu Prakerja? Coba Lakukan Ini!

Setiap dibukanya gelombang baru, para pendaftar calon penerima Program Kartu Prakerja selalu meningkat. Seringkali hal ini membuat para calon penerima Kartu Prakerja menjadi sedikit putus asa karena semakin sedikit peluang bisa diterima karena terbatasnya kuota.

Karena tingginya jumlah pendaftar Prakerja, membuat beberapa peserta tak kunjung lolos dalam seleksi, meski telah mencoba hingga tiga kali pendaftaran gelombang baru. Lalu bagaimana jika sudah 3 kali gagal? Manajemen pihak Kartu Prakerja telah menyiapkan satu opsi yang bisa dipilih oleh para pendaftar yang sudah 3 kali gagal lolos.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Daftar untuk Calon Penerima Bansos dari Program Keluarga Harapan (PKH) 2021

Baca Juga: Gagal Unggah Foto KTP saat Daftar Kartu Prakerja? Ikuti Tips Ini!

Mengutip informasi yang ada dari laman FAQ Prakerja, bagi Anda yang sudah gagal mendaftar hingga tiga kali, Anda dapat mengadukan masalah tersebut dengan mengisi surat pernyataan yang bisa diunduh melalui link berikut ini:

Download Surat Pernyataan Gagal Lolos 3 Kali

Untuk selanjutnya, silahkan Anda mengisi dengan benar dan teliti surat pernyataan tersebut, kemudian kirimkan ke alamat e-mail: kepesertaan@prakerja.go.id

Silahkan menunggu untuk sementara waktu, Manajemen Pelaksana Prakerja akan melakukan pengecekan terkait surat yang Anda kirimkan.

Baca Juga:  Begini Cara Praktis Daftar Online BLT UMKM Tahun 2021 Sebesar Rp 2,4 Juta

Biasanya, perihal yang sering membuat peserta tidak lolos Prakerja berkali-kali disebabkan peserta masih dinyatakan sebagai mahasiswa aktif atau masih mengikuti pendidikan formal. Selain itu, peserta juga termasuk kelompok yang tidak diperbolehkan mengikuti Program Kartu Prakerja.

Perlu diketahui juga, peraturan baru untuk Program Kartu Prakerja tahun 2021, hanya dibatasi maksimal dua anggota keluarga saja dalam satu kartu keluarga (KK) yang bisa menerima bantuan Kartu Prakerja gelombang 14 tahun 2021

Baca Juga: Daftar Persyaratan Lengkap yang Harus Dipenuhi Sebelum Mendaftar Kartu Prakerja

Baca Juga:  Begini Cara Mendapatkan Subsidi Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Hal lain yang kemungkinan membuat tak kunjung lolos juga, diantaranya:

  1. Adanya ketidaksesuaian data antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Jika kendalanya seperti ini, peserta dihimbau untuk segera menghubungi Call Center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.
  2. Masuk dalam daftar kelompok yang dilarang mendaftar Kartu Prakerja. Peserta termasuk kedalam kelompok yang dilarang mengikuti program Kartu Prakerja, kelompok yang dimaksud diantaranya pejabat negara, anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala dan perangkat desa direksi, komisaris, serta dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.
Baca Juga:  Jumlah Besaran Insentif Kartu Prakerja yang Akan Diterima

Baca Juga: Cara dan Tips Agar Bisa Diterima Daftar Kartu Prakerja

Walaupun masih belum lolos, tetap semangat untuk mencoba lagi di gelombang berikutnya ya! Jangan lupa berdoa, semoga berhasil diterima di gelombang selanjutnya!

Check Also

Pendaftaran Mitra Pengemudi GrabCar dan GrabBike Terbaru

Cara Pendaftaran Mitra Pengemudi GrabCar dan GrabBike Terbaru

Lacipedia.com – Grab merupakan perusahaan yang menyediakan platform bagi pengguna untuk mendapatkan layanan taksi online …